Organisasi Generasi Ke-empat

Sepanjang keberadaan manusia, organisasi berkembang menurut perkembangan peradaban.

  1. Organisasi Generasi Pertama
  2. Organisasi Generasi Kedua
  3. Organisasi Generasi Ketiga
  4. Organisasi generasi Ke-empat

 

Memahami Generasi Organisasi

Masing-masing generasi organisasi memiliki karakteristik berbeda. Organisasi generasi baru menjadi penyempurnaan atas generasi sebelumnya sebagai dampak dari perkembangan teknologi.

Pemahaman ini sangat penting dalam menyusun organisasi baru atau mereformasi organisasi yang sudah ada, agar organisasi dapat memiliki dampak yang lebih besar dan dapat beroperasi secara lebih efektif.

1. Organisasi Generasi Pertama – Pertemuan

Organisasi Generasi Pertama adalah jenis organisasi pertama yang berkembang. Mekanisme utama dari organisasi ini adalah pertemuan.

 

2. Organisasi Generasi Kedua – Tulisan

Organisasi Generasi Kedua adalah jenis organisasi yang lahir setelah adanya tulisan. Ini merupakan organisasi jenis pertama dalam sejarah manusia. Mekanisme pertemuan dilengkapi dengan adanya peraturan tertulis. Peraturan tertulis mengikat organisasi.

Organisasi Generasi Kedua membawa manusia pada puncak peradaban kerajaan-kerajaan besar sepanjang sejarah dunia.

 

3. Organisasi Generasi Ketiga – Industri

Organisasi Generasi Ketiga adalah jenis organisasi yang lahir setelah adanya industrialisasi, khususnya teknologi mesin cetak. Keberadaan mesin cetak memungkinkan organisasi melibatkan lebih banyak orang yang terlibat.

Pada Organisasi Generasi Ketiga terjadi perkembangan pesat atas konsep-konsep pemilihan umum, pemisahan kekuasaan, mekanisme rapat, dan sebagainya, yang tidak dimungkinkan dilakukan sebelum industrialisasi, khususnya dengan kehadiran mesin cetak.

Sistem edukasi saat ini merupakan bagian dari perkembangan organisasi generasi ketiga, karena organisasi generasi ketiga membutuhkan edukasi massa.

 

4. Organisasi Generasi Keempat – Internet

Organisasi Generasi Keempat adalah jenis organisasi baru yang sedang berkembang saat ini sebagai dampak dari teknologi komputer dan internet.

Organisasi Generasi Keempat pada masa ini masih belum berkembang sepenuhnya. Kebanyakan organisasi masih dipengaruhi oleh batasan-batasan Organisasi Generasi Ketiga yang sebenarnya sudah tidak ada atau dapat dihilangkan oleh teknologi komputer dan internet.

 

Masa depan

Organisasi Generasi Kelima akan terjadi oleh berkembangnya konektifitas pribadi, yang saat ini dimulai dengan perkembangan wearable technologies.

Organisasi Generasi Keenam akan terjadi oleh berkembangnya otomasi sistem hukum dengan konsepsi orientasi-objek.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s