Menuntut Peran OJK Dalam Pengelolaan Sinking Fund Rusun

Sinking Fund rusun adalah dana yang dikumpulkan dari masyarakat pemilik da penghuni satuan rumah susun (sarusun). Dana ini semestinya dikelola oleh PPPSRS masing-masing rusun, suatu badan hukum yg ditetapkan oleh UU no 20 tentang Rusun.

Pengelolaan dana masyarakat tersebut ditujukan untuk mengembangkan besar dana yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan fisik rusun, baik untuk perbaikan besar yang memperpanjang usia rusun bahkan untuk modal awal membangun kembali rusun.

Karena itu dana yang dikumpulkan dari masyarakat ini jumlahnya bisa menjadi sangat besar.

PPPSRS sebagai badan hukum yg dibentuk masyarakat hampir dapat dipastikan tidak memiliki kemampuan profesional untuk mengelola dana masyarakat aedemikian besar. Untuk itu dibutuhkan edukasi, regulasi dan pengawasan OJK pada setiap lembaga PPPSRS agar mampu mengelola dana kolektif masyarakat tersebut.

Tentu saja secara teknis pengelolaan dana sinking fund rusun seharusnya dilakukan oleh reksadana atau lembaga manajemen keuangan lain. Karena tidak mungkin membentuk organisasi PPPSRS menjadi seperti DPLK atau pengelola dana pensiun yg dapat memiliki fund manager sendiri.

Regulasi OJK harus mengamanatkan PPPSRS sebagai wali amanah pemilik dan penghuni rusun untuk mengalihkan pengelolaan dana sinking fund kepada lembaga keuangan. 

Dana sinking fund tersebut kemudian hanya dapat ditarik dengan keputusan Rapat Umum PPPSRS yang disahkan oleh pembina PPPSRS, dalam kasus di DKI adalah kewenangan Gubernur.

Dengan demikian tercipta tata kelola rusun yang sehat, yg dibutuhkan untuk mengembangkan masyarakat urban di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s