Mematikan Auto-update Windows 10

Windows 10 mewajibkan auto update untuk terus aktif. Bagi pemilik jaringan data yang handal seperti di kantor atau fiber optik TV kabel hal ini bukan masalah. Namun bagi kebanyakan pengguna komputer dengan layanan data tidak terlalu cepat, auto update sering menghambat pekerjaan online pada waktu yang sangat penting.

Banyak road warior mengandalkan free internet harus termenung selama berjam-jam menunggu auto update yang menghabiskan jalur koneksinya.

Windows update menyediakan menu untuk mencegah upgrade besar atau penambahan fitur dilakukan secara otomatis. Namun tidak ada fitur setting auto update lain seperti pada versi Windows sebelumnya.

Bagi pengguna wifi berbayar, mengubah setting menjadi meterred connection dapat menghentikan auto update pada akses wifi berbayar tersebut.

Pengguna akses internet yg menggunakan kabel tidak memiliki fasilitas tersebut. Padahal aksesnya juga berbayar.

Karena itu bagi pengguna yang menghadapi masalah tersebut perlu dilakukan perubahan registri untuk memerintahkan Windows 10 memberikan pemberitahuan bila ada update dan tidak otomatis mengunduh pembaruan tersebut. Pengguna dapat melakukan update secara manual pada waktu akses internet tidak dibutuhkan untuk bekerja, sehingga tidak terjadi lagi gangguan pekerjaan akibat internet sibuk digunakan oleh auto-update.

Peringatan bahwa perubahan registri yang salah dapat mengakibatkan rusaknya komputer anda. Serahkan pada teknisi atau pengguna mahir untuk melakukan perubahan registri Windows.

Langkah perubahan registri untuk memberikan fasilitas update manual adalah sebagai berikut:

Buka Run: Windows + R

Masuk ke: regedit

Browse ke registri:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows

Klik kanan pada folder, New, Key

Name: WindowsUpdate

Klik kanan pada key WindowsUpdate tersebut. Klik New, Key.

Name: AU

Klik kanan pada key AU, New, DWORD (32-bit) Value.

Nama: AUOptions

Klik-ganda key tersebut, isi angka 2 (Hexadecimal)

Klik OK, tutup regedit.

Setelah perubahan ini anda akan diberitahukan bila ada update baru tetapi windows 10 tidak langsung mengunduh dan menginstal update tersebut.

Sekalipun memberi manfaat kehandalan akses internet namun perlu diingat bahwa cara ini menyebabkan komputer anda bisa tertinggal dari update penting. Karena itu perlu melaksanakan update manual secara reguler secepatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s